Sejarah besar penjajahan Di Indonesia Part 03

ok tampa basa - basi seperti sebelumnya, saya akan langsung memulainya

BEGIN


ok belanda sampai di banten awalnya sih orang banten biasa aj sm belanda , karena mereka menganggap belanda hanya sebagai pedagang biasa yang hanya ingin membeli rempah, namun orang banten mulai kesal ketika belanda mengambi; dua kapal milik banten yang isinya lada semua ( lada = rempah - rempah yang rasanya sedikit pedas _) selain itu, sambil membawa hasil rempah itu, belanda pun menembaki orang banten ( kurang ajar banget ya orang belanda ini )
akhirnya belanda pun di usir dri banten dan harus membayar 45.000 gulden ( klo gak salah sekitar segitu )

Lada

walaupun de houtman di usir tpi ia membawa informasi penting mengenai diamana portugis mendapatkan stock rempah. setelah di beritahu pada ratu belanda, akhirnya pun belanda kembali mengirim pedagang yang di pimpin ole h jacob van neck beserta 8 kapal di bawah pimpinannya.
Rombongan van neck di terima baik oleh penduduk banten karena sikap dan perilakunya jauh banget sama rombongan de houtman, rombongan van neck lebih ramah dengan penduduk banten. van neck juga membantu sultan mangkumvenus, I mean sultan mangkubumi untuk melakukan penyerangan ke palembang, namun dengan imbalan 3 kapal penuh dengan rempah ( khusunya lada, dan ketumbar ).rombongan van neck pun pulang kembali ke belanda dengan membawa 3 kapal penuh dengan rempah - rempah.

Jacob Van Neck

setelah van neck kembali ke belanda, maka berbondong - bondonglah pedagang asal belanda ke indonesia. portugis yang sedang di malaka pun mengetahuinya, portugis hendak mengusir belanda yang membeli rempah di banten, supaya tidak ada persingan dagang di eropa. sehingga portugis memberi tawaran pada raja mangkubumi supaya mengusir belanda dengan imbalan perhisan dan sejumlah uang yang banyak. mangkubumi pun menerima tawaran itu. lalu mengusir belanda dengan cara memberitahu para pedagang bahwa portugis akan datang dan menyerang banten.mendengar berita itu, belanda pun langsung meninggalkan banten.

Mangkubumi
Kesultanan Banten



ketika itu ada pedagang dri cina yang membeli rempah di banten, dan portugis mengetahui itu, lalu karena telah di anggap mengiingkar janji, makabanten pun di serang portugis dan setelah itu portugis pun kembali ke malaka.

VOC
setelah pedagang - pedagang belanda yang kembali ke belanda. kerajaan belanda pun melihat begitu banyaknya peadagang dri negaranya yang berdagang di hindia belanda. saking ketatnya persaingan, akhirnya nya pemerintah kerajaan belandapun membuat an equality for all pedagang asal belanda dengan di dirikannya
Vereenigde Oost Indische Compagnie (VOC)

Ok sampai sini dulu. tpi sebelumnya ada pertanyaan 
Q : kenapa Artikel dengan judul ini di buat dengan ber part
A : agar  tidak lama loadingnya soalnya klo di satuan trus ddi ke ms word, mungkin sampai sekitar 20 halaman!!!!!!!!!!!!!!!

nti saya buat dlm versi makalah

Comments

Popular Posts