Sejarah Besar Penjajahan Indonesia Part 02

    Sebelumnya sorry kepada pembaca yang sudah nanti banget part 2 dri post sebelumnya, sorrrryyy bnget ok. saya gak nyempet post karena beberapa hal :

1. Kuota internet saya Habis

 waah kacau nih masa blogger profesional kayak saya bisa ke habisan kuota internet yang merupakan
sumber utama untuk blogging. tpi itulah kenyataan nya ( maklum saya pakai modem dan ISP yang mengharuskan membayar tiap bulan dengan mengisi kuoota )

2. Banyak tugas

ok. saya sekarang 14 tahun. it mean , banyak banget tugas yang numpuk Q. knp gak kmu cepat kerjain ?
A. bayangin saja dlm 1 hari ada 3 tugas yang harus di kumpulin 3 hri lagi !!!. ohhh no.....................

3. males

gak usah di jelasin masalah ini ok ( penyakit ini dah sembuh kok )

BTW mri kita lanjutkan ceritanya
JRENG.................


BEGIN

ketika sampai di malaka, portugis sampai di malaka , awalnya penduduk setempat menyambut baik " pelanggan " ada yang datang , namun peperangan pun terjadi ketika portugis ingi menguasai malaka. peperangan pun tak terhindarkan . orang - dri malaka pun kalah karena adanya pertikaian saudara antara sultan mahmud dan anaknya

Map Of lisabon

malaka pun di kuasai portugis.
ceritanya portugis membawa rempah - rempah dri malaka untuk selanjutnya di jual di lisabon ( daerah portugal ) dan mendirikan pusat perdagangan eropa di sana , namun ternyata pemasok dri malaka  tidak memenuhi kebuthan di eropa.

     Jdi gini. belanda datang ke lisabon untuk membeli rempah . namun apa yang terjadi ? stock di lisabon habis sehingga kerajaan belanda tidak bisa membeli rempah dan kekurangan rempah. saat belanda hendak pulang kembali ke negaranya. salah satu nakhoda portugis yang membawa pasukan alfonso ke malaka memberitahu belanda lokasi dimana portugis mengambil rempah ( namanya saya lupa ). akhirnya pun belanda dan nahkoda portugis yang selanjutnya kita sebut " ujang " ( nama Palsu ) pun pergi ke malaka. perjalanan pun dimulai .

Crnelis de houtman
   Ketika pasukan belanda hampir dekat dengan malaka. komandan belanda pun memerintahkan armadanya untuk mendarat di malaka ( kapten nya cornis de houtman ) sedikit tentang de houtman. sebenarnya de houtman bukan orang militer, melainnkan seorang arsitek ( ya iyalah orang niat mo beli rempah ke lisabon, ngapain pake komandan besar segala, nti di kora mau declare war lgi ))
nmun si ujang memberi tahu agar armada de houtman jgn mendarat di malaka , karena si ujang tau klo portugis sudah di sana sejak lama. untuk menghindari perang akhirnya pun armadanya batal mendarat di malaka.

Banten
akhirnya pasukan de houtman pun mendarat di BANTEN, that why belanda mendarat pertama kali di BANTEN bukan di malaka

untuk sekarang sampai di sini dulu ok nti part 3nyaa nyusul

Comments

Popular Posts